Strategic Management

Deskripsi :

Lingkungan makro dan stakeholder perusahaan yang berubah sangat cepat dan seringkali di luar dugaan, terkadang membuat para eksekutif dan pengambil keputusan bingung dan tidak tahu harus berbuat apa. Keadaan seperti ini sangatlah berbahaya karena mungkin kompetitor sudah terlebih dahulu menyikapi perubahan itu dengan tepat. Perusahaan harus mampu secara proaktif memprediksi  dan mengantisipasi perubahan itu  dan melakukan reevaluasi konsep manajemen strateginya dan membuat keputusan strategis dengan cepat dan tepat.

Seminar tiga hari ini akan difokuskan pada pembahasan konsep manajemen strategi, konsep Balanced Scorecards secara utuh, terintegrasi dan praktis. Seminar ini akan dilakukan dengan case method sehingga mudah dipahami dan dapat merangsang diskusi mendalam terhadap setiap topik yang dibahas.

 

Training Outline :

  1. Memahami dinamika lingkungan perusahaan.
    • Dinamika lingkungan makro.
    • Dinamika stakeholder perusahaan.
    • Analisis SWOT ( Strength, weakness, opportunity dan threat).
    • Kajian perlunya reevaluasi dan perumusan kembali visi dan misi perusahaan.
  2. Perumusan kembali Visi dan Misi Perusahaan.
  • Definisi Visi dan Misi.
  • Rumusan Visi dan Misi yang efektif
  • Strategic Framework..
  • Implikasi Visi dan misi terhadap strategi dasar korporat.

–   Contoh Visi dan Misi beberapa perusahaan dan BUMN.

  1. Kerangka analisis strategi.
    • Pengertian manajemen strategi.
    • Strategic management process.
    • Strategi fungsi bisnis.
    • Sistematika penyusunan Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP).
  2. Value Chain analysis.
    • Memahami konsep value chain.
    • Primary process and supporting process.
    • Ilustrasi value chain di beberapa perusahaan.

 

  1. Perubahan lingkungan bisnis, proses bisnis dan konsekuensinya.
  • Manajemen Perubahan.
  • Tuntutan dunia bisnis.
  • Paradigma world -class company.
  • Konsep Innovation arrow.

 

  1. Menjabarkan strategi kedalam aktivitas perusahaan dengan menggunakan Balanced Scorecards.
  • Pengertian Balanced Scorecards.
  • Mengukur strategi bisnis dari perspektif keuangan.
  • Mengukur strategi bisnis dari perspektif pelanggan.
  • Perspektif proses bisnis internal.
  • Learning and growth perspectives.
  • Menghubungkan Balanced Scorecards dengan strategi perusahaan.

 

Trainer :

Ir. Asep Saefulbachri,MBA,MM

Lulusan Teknik Industri ITB yang memiliki pengalaman sebagai praktisi, akademisi dan konsultan manajemen Supply Chain, Project, strategi dan manajemen risiko serta sebagai public Trainer lebih dari 25 tahun. Dalam 10 tahun terakhir ia telah menjadi pembicara di lebih dari 500 forum Training nasional dan internasional. Ia telah menjadi trainer di banyak perusahaan di antaranya Telkom, Telkomsel, Pertamina, PLN, BP Migas, Chevron, Tjiwi Kimia, Unilever, Krakatau Steel, PT. Vale Indonesia, dll. Ia juga berpengalaman menjadi konsultan business plan di Telkom, Telekomunikasi Indonesia Internasional dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X
WhatsApp chat WhatsApp us