web stats

Practical Warehousing And Inventory Management

Deskripsi :

Manajemen logistik dan Pergudangan memegang peran yang sangat penting dalam kehidupan sebuah perusahaan. Barang yang disimpan di gudang bisa dalam bentuk bahan baku, barang setengah jadi, suku cadang maupun produk jadi. Peningkatan produktivitas dan pelayanan pergudangan akan sangat berpengaruh pada performansi perusahaan secara keseluruhan. Training ini akan membahas aspek operasional sistem manajemen  pergudangan. Karena titik utama pembahasan adalah masalah operasional logistik dan administrasi pergudangan, maka Training ini sangat cocok untuk para eksekutif perusahaan di tingkat operasional dan menengah. Di dalam pelatihan ini,selain aspek manajemen juga akan dibahas secara terinci sistem dan prosedur administrasi pergudangan, laporan yang harus dihasilkannya beserta contoh setiap jenis formulir yang diperlukan.

 

Materi :

  1. Peran manajemen logistik dan Pergudangan dalam kehidupan Perusahaan.
  • Pergudangan sebagai Subsistem dalam sistem logistik.
  • Objektif Manajemen logistik dan Pergudangan.
  • Fungsi fungsi manajemen logistik dan pergudangan.
  • Fungsi Pelayanan Sistem logistik dan Pergudangan.
  • Aktivitas gudang
  • Struktur Pergudangan
  • Pemilihan Lokasi Gudang
  1. Pemeriksaan/Pengujian
  • Dasar Pemeriksaan Barang.
  • Sifat fisik barang kertas.
  • Kriteria Pemeriksaan total dan sampling.
  • Penentuan ukuran sample.
  • Pembuatan Berita Acara Pemeriksaan Barang.
  1. Administrasi Penerimaan Barang.
  • Prasyarat penerimaan barang.
  • Pembentukan team penerimaan barang.
  • Kriteria penerimaan barang.
  • Sistem dan Prosedur Administrasi Penerimaan Barang.
  • Dokumen penerimaan barang.
  • Berita Acara Penerimaan Sementara.
  • Berita Acara Penerimaan Barang.
  • Penyusunan laporan transaksi barang.

 

  1. Administrasi dan Teknik Penyimpanan Barang.
  • Sistem dan Prosedur Administrasi Penyimpanan Barang.
  • Dokumen yang digunakan untuk penyimpanan barang.
  • Tatacara Pengisian Kartu Barang.
  • Kode Lokasi Barang.
  • Tatacara Pengisian Kartu Administrasi Persediaan
  • Tatacara perhitungan nilai persediaan barang
  1. Teknik Penyimpanan Barang Berukuran Kecil.
  • Aktivfitas unloading barang ukuran kecil.
  • Pengendalian kualitas dan kuantitas.
  • Packaging.
  • Identifikasi produk.
  • Teknik penyimpanan dan pelayanan pelanggan
  • Pengendalian persediaan.
  • Authomatic identification method
  1. Pengelolaan barang yang disimpan menggunakan karton (full-case)
  • Manfaat penyimpanan barang menggunakan karton.
  • Order-pick methods.
  • Teknik pengaturan penyimpanan menggunakan karton.
  • Identifikasi posisi karton dan pallet.
  1. Tata letak (Lay Out) Gudang.
  • Pedoman umum pengaturan tata letak gudang.
  • Beberapa alternatif tata letak gudang.
  • Hubungan tataletak dan material handling.
  1. Akuntansi Persediaan.
  • Peran akuntansi dalam pengelolaan persediaan.
  • Kontrol intern dilihat dari segi organisasi serta sistem dan prosedur administrasi pergudangan.
  • Perhitungan biaya material dengan metoda FIFO (First in First Out), LIFO (Last in First Out), dan AVERAGE.
  • Laporan persediaan yang diperlukan akuntansi.
  1. Laporan Sistem Pergudangan.
  • Laporan status persediaan.
  • Laporan Transaksi Barang.
  • Klasifikasi
  • Statistik Pemakaian Barang.
  • Laporan Perhitungan Inventory Control.
  1. Inventory Control Techniques dan JIT (Just in Time) inventory management
  • Klasifikasi persediaan.
  • Biaya persediaan.
  • Sistem pengendalian persediaan.
  • Economic order quantity; Reorder point dan Safety Stock untuk Independent – material
  • Fixed order period inventory system
  • JIT inventory management.
  1. Inventarisasi dan auditing persediaan
  • Manfaat inventarisasi persediaan.
  • Teknik inventarisasi persediaan.
  • Inventarisasi total dan inventarisasi sebagian.
  • Laporan Hasil inventarisasi.
  1. Sistem Informasi dan Komputerisasi Sistem Manajemen Pergudangan
  • Perbedaan data dan informasi pergudangan.
  • Apa yang dimaksud dengan sistem informasi manajemen.
  • Pembentukan Master File Kodifikasi Barang.
  • Pembentukan Master File Persediaan di Gudang.
  • Penentuan Kode Lokasi Barang.
  • Teknik Pencatatan Transaksi Barang.
  1. Studi kasus dan Praktek software inventory management.

 

 

Metoda :

Ceramah,diskusi, studi kasus dan praktikum  QSB (Quantitative System for Business).

 

 

Anda seharusnya hadir :

Manajer logistik dan staff, manajer pergudangan dan staff,manajer pengadaan dan staff, manajer keuangan dan staff, manajer Supply Chain dan staff serta semua posisi yang erat hubungannya dengan manajemen persediaan dan pergudangan.

 

Trainer :

Ir Asep Saefulbachri , MBA,MM

Beliau adalah praktisi dan akademisi yang  berpengalaman lebih dari 15 tahun  memberikan pelatihan project management dan procurement management dalam bentuk Training publik dan inhouse training di banyak perusahaan besar di Indonesia di antaranya Telkom, Inco di Sorowako, Bank Indonesia, Arutmin, Chevron, Telkomsel, Vico, CNNOC, BP Migas dll. Team juga berpengalaman bekerja sebagai konsultan manajemen proyek dan manajemen logistik di antaranya di Telkom, PT INTI, Aria West International, PT. Vale Indonesia, dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X
WhatsApp chat WhatsApp us